big_phpl_ghl.jpg

Google Ads 3

Tindakan pemantauan NKT PT. Gema Hutani Lestari dituangkan dalam dokumen prosedur yang diacu PT. Gema Hutani Lestari. Khusus untuk pemantauan NKT yang terdapat di dalam areal kerja PT. Gema Hutani Lestari dokumen prosedur yang terkait pemantauan adalah GHL/PL/BHT.07 yaitu Prosedur Identifikasi Satwa Liar (NKT 1.2 dan NKT 1.3), GHL/PL/BHT.09 yaitu Prosedur Identifikasi Flora (NKT 1.2 dan NKT 1.3) dan GHL/PL/BHT.05 yaitu Prosedur Pemantauan dan Pengukuran Lingkungan (NKT 4.2).


Kegiatan pemantauan atas Nilai Konservasi Tinggi (NKT) ditujukan untuk memberikan data yang diperlukan oleh manajemen IUPHHK-HA PT Gema Hutani Lestari untuk mengukur dampak dari kegiatan operasional pembalakan pada NKT yang berfokus pada aspek efektifitas tindakan pengelolaan dan perbaikan kondisi NKT.
Disamping itu pemantauan juga dilakukan untuk menilai upaya-upaya yang telah dilakukan PT Gema Hutai Lestari dalam rangka peningkatan kualintas NKT yang teridentifikasi terdapat di dalam areal kerja PT Gema Hutani Lestari. Evaluasi peningkatan kualitas NKT dilalukan melalui pendekatan kualitas habitat berkembang biak, penanaman pohon pakan satwa dan konektifitas hutan.


Kegiatan pemantauan dilakukan untuk memenuhi permintaan standar FSC® yaitu sebagaimana Kriteria FSC 9.4 dimana disebutkan bahwa pemantauan tahunan harus dilaksanakan untuk menilai efektifitas dari tindakan-tindakan yang diterapkan untuk memelihara atau meningkatkan sifat-sifat konservasi yang ada.  Parameter yang dipantau merupakan kawasan lindung (menurut Dokumen RKL/RPL) sejakigus merupakan teridentifikasi Kawasan Bernilai Konservasi Tinggi (KBKT)/Nilai Konservasi Tinggii (NKT) menurut hasil Penilaian Konservasi Tinggi (Full High Conservation Value Assessment) di areal konsesi PT Gema Hutani Lestari.   Progress hasil pemantauan untuk setiap parameter yang dipantau yang dapat diperbandingkan hasil pemantauannya dari tahun ke tahun dapat dilihat pada menu HCVF Sub Menu ARCHIVE PEMANTAUAN HCV.