ghl-kan_r.jpg

Nyatoh

Nyatoh (Palaquium sp.) merupakan jenis kelompok kayu Meranti yaitu mencakup 0,43% dari komposisi volume rencana tebang kelompok kayu Meranti RKTUPHHK 2020 Self Approval di PT Gema Hutani Lestari yang terletak di Blok Selatan (Kabupaten Buru Selatan) maupun di Blok Utara (Kabupaten Buru).

Penetapan Provisi Sumberdaya Hutan (PSDH) dan Dana Reboisasi (DR) Kelompok Kayu Meranti  

Provisi Sumberdaya Hutan (PSDH) adalah pungutan sebagai pengganti nilai intrinsik dari hutan yang dipungut dari hutan negara dan/atau terhadap hasil hutan yang berada pada kawasan hutan yang telah dilepas statusnya menjadi bukan kawasan hutan dan/atau hutan negara yang dicadangkan untuk pembangunan di luar sektor kehutanan. 

Penetapan besarnya PSDH kayu Nyatoh (Palaquium sp.) di PT Gema Hutani Lestari di dasarkan kepada :

  • Harga patokan PSDH sebagaimana di atur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor : P.64/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2017 dimana besarnya PSDH untuk kelompok kayu Meranti yang berasal dari wilayah Kalimantan dan Kepulauan Maluku yaitu Rp.780.000/M3 (Kayu Bulat Sedang) dan Rp.810.000/M3 ( Kayu Bulat Besar).
  • Peraturan Pemerintah No.P12 Tahun 2014 dimana ditetapkan besarnya tarif kelompok kayu Meranti yang berasal dari wilayah Kalimantan dan Kepulauan Maluku adalah sebesar 10%. 

Sedangkan penetapan besarnya Dana Reboisasi kayu Nyatoh (Palaquium sp.) di PT Gema Hutani Lestari didasarkan kepada Peraturan Pemerintah No.P12 Tahun 2014 dimana ditetapkan besarnya DR untuk kelompok kayu Meranti yang berasal dari wilayah Kalimantan dan Kepulauan Maluku yaitu 14 Dollar Amerika (Kayu Bulat Sedang, diameter 30-49 cm) dan 14,5 Dollar Amerika (Kayu Bulat diameter > 49 cm).

Nama Botanis

Ganua spp., Palaquium spp. dan Payena spp., famili Sapotaceae (terutama G. motleyana Pierre, Palaquium Burckii H.J.L, P. hexandrum Engl., P. javense Burck, P. leiocarpum Boerl., P. luzoniense Vid., P. microphyllum K et G., P. obtusifolium Burck, P. rosrtatum Burck, P. walsurifolium Pierre, Payena acuminata Pierre, P. leerii Kurz, P. lucida DC.). 

Nama Daerah

Balam, balem, bengku, ketiau, mayang, nyato, punti, sao payo, semaram, suntai, getah perca, jengkot, kawang, kibangkong, kisawo, tanjungan, baringan, gata-gata, getah merah, hangkang, katiau, margetahan, nyatu, kuma, kume, nantu, nato, sodu-sodu, arupa, gofiri, nantu, siki, soko, tofiri, maneo keaaf.

Nama Di Negara Lain

Nato (Philipina), riam (Serawak), nyatoh (United Kingdom, USA, France, Spanyol, Italia, Swedia, Germany), balam teroeng (Belanda).

Kegunaan 

Dapat digunakan untuk Veener dan Kayu Lapis.

Tempat Tumbuh

Jenis ini dapat tumbuh pada tanah berawa dan sebagian pada tanah kering dengan jenis tanah liat atau tanah berpasir di daerah dengan curah hujan tinggi pada ketinggian 20 - 50 meter dpl.

Buah

Pohon berbuah setiap tahun pada bulan Juli - September.  Biji tidak dapat disimpan lama.Biji sampai umur satu minggu mempunyai daya kecambah sampai 80%.

Hama dan Penyakit

Pohon dapat diserang Jamur Upas (Corticium salmonicolor).