big_phpl_ghl.jpg

Google Ads 3

Tipologi Hutan - PT Gema Hutani Lestari


Kepentingan dari diketahuinya tipologi areal kerja IUPHHK-HA (bioregional) termasuk di dalamnya PT Gema Hutani Lestari adalah dapat memberikan gambaran kondisi areal kerja secara konkret terkait sensitifitas ekosistem hutan, sensitifitas komunitas dan inovasi teknologi untuk meminimalkan dampak negatif yang mungkin terjadi dari kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan hutan.

Berdasarkan Pedoman LEI Seri 99 - 21 penetapan Tipologi suatu IUPHHK-HA diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) yaitu tipologi menurut aspek ekologi, sosial dan produksi. Yang menjadi catatan untuk tipologi ekologi adalah bahwa semakin besar skala ordinalnya (makismal 3), makin sensitif ekosistem hutan terhadap gangguan.


Penetapan tipologi menurut aspek sosial ditentuka oleh matrik kombinasi faktor teknik produksi, (berburu dan meramu, peladang rotasi, pertanian menetap lahan kering, pertanian intensif) zona pemanfaatan (di luar kawasan, bersinggungan, di dalam kawasan), tingkat kepadatan agraris (rendah, sedang tinggi) dan motif produksi (subsisten, komersial). Mengacu kepada matrik tersebut maka hasil survey yang dilakukan akan menghasilkan suatu Nilai Skala Sensitifitas Komunitas (01-18, 19-36, 37-54, 55-72) yang selanjutnya disederhanakan dalam skala pembobotan untuk menetapkan tipologi-nya (01, 02, 03, 04).


Sebagai contoh, jika skala nilai sensitifitas komunitas 55, maka tiopologinya adalah 04 yang berarti prioritas, pemenuhan maksimum dari kemungkingan yang maksimum (>74,94 - 100.00).


Penetapan tipologi produksi ditentukan oleh penetapan tipologi menurut aspek ekologi dan aspek sosial. Artinya jika tipologi menurut aspek ekologi 02 dan sosial 04 maka tipologi menurut aspek produksi adalah 10 sosio yang berarti untuk meminimalkan dampak negatif terhadap ekosistem biofisik maupun sosial yang mungkin terjadi akibat aktifitas pengelolaan/pemanfaatan hutan, maka diperlukan inovasi teknologi seperti misalnya penerapan pemanenan ramah lingkungan (Reduced Impact Logging)

Berikut tipologi areal kerja PT Gema Hutani Lestari berdasarkan Laporan Akhir Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Alam Produksi Lestari IUPHHK PT Gema Hutani Lestari oleh LPI Mampu PT Almasentra Konsulindo, 2008.

 

Uraian
Tipologi
Aspek Ekologi
02
Aspek Sosial
04
Aspek Produksi
10 Sosio